Merawat Topi dan Cara Penggunaan Yang Benar

Merawat Topi dan Cara Penggunaan Yang Benar

Topi adalah produk fashion yang sering di gunakan baik untuk acara formal ataupun non-formal, berbeda dengan baju yang setiap hari kita pakai, topi biasanya di gunakan bisa 1 minggu tanpa ganti, nah bagaimana sih cara merawat topi sablon agar kualitasnya tetap terjaga seperti topi distro saat pertama kali kita beli ? caranya :

Pemakaian

Meskipun topi bisa di pakai setiap hari, namun ada beberapa kondisi dimana topi tidak disarankan untuk di pakai.

pakai topi saat hujan

Hujan Lebat : ingat topi bukan payung, karena topi menyerap air dan bisa membuat topi jadi lepek. jadi sangat tidak di sarankan untuk tidak menggunakan topi saat hujan. penggunaan topi saat hujan dalam keadaaan lama pun buruk untuk kesehatan di karenakan kepala kamu akan menyimpan air dalam kondisi yang lama dan akan membuat kepala pusing dan mungkin sampai jatuh sakit. segera keramas menggunakan air hangat jika kondisi ini kamu temui.

Check our bestsellers!

Grosir!
Rp 35,000Rp 45,000
Customize
Grosir!
Rp 35,000Rp 45,000
Customize
Grosir!
Rp 35,000Rp 45,000
Customize
Grosir!

Custom

Trucker hat

Rp 30,000Rp 40,000
Customize
Grosir!
Rp 35,000Rp 45,000
Customize

pakai topi saat panas berdebu

Panas berdebu : jika cuaca panas terik saja kamu masih boleh menggunakan topi, namun bila disertai debu yang kuat atau datangnya asap kendaraan yang tebal ke arah kamu di sarankan untuk tidak menggunakan topi dan lebih memilih untuk menggunakan masker / buff dan penutup kepala lainnya yang terbukat dari kain yang mudah di bersihkan.

merawat topi

Angin kencang : topi bukan helm yang memiliki ikatan yang membuatnya susah lepas, oleh karena itu topi gampang sekali lepas, jangan gunakan topi saat berkendaraan seperti menggunakan motor dan sepeda dalam kecepatan tinggi, karena angin yang menerpa kepala bisa membuat topi kamu melayang. lebih miris lagi setelah topi jatuh topi kamu bisa terlindas kendaraan di belakangnya atau nyebur ke kali / got. kasian ya…

pakai topi saat tidur

Tidur : Kamu pasti sering melihat orang-orang istirahat di dalam kereta, stasiun, halte, ataupun kendaraan pribadi menggunakan topi sebagai penutup kepala, biasanya orang yang istirahat dengan cara ini adalah orang yang biasanya mematikan lampu saat tidur, sehingga mereka tidak bisa tidur jika ada cahaya terang yang menyorot mata mereka dan akhirnya mereka menggunakan topi sebagai penangkalnya. gerakan dalam tidur tidak bisa kita kontrol, adakalanya topi yang kita gunakan sebagai penutup jadi terjepit atau tertindih dalam waktu yang lama. Hal ini menyebabkan bentuk topi jadi berubah dan kusut. di sarankan untuk menggunakan penutup mata / eye cover saat tidur untuk menghindari hal ini. selain untuk menghindari rusaknya topi saat kamu tertidur, hal ini juga untuk menghindari topi kamu di curi orang saat kamu tertidur…..

Jika kejadian di atas tidak bisa kamu hindari, kamu bisa memperbaikinya dengan beberapa cara merawat topi yaitu :

  1. Mencuci topi : cara mencuci topi beda halnya degan mencuci pakaian. Mencuci topi jangan di satukan dengan pakaian dan memasukannya kedalam mesin cuci. Cukup di rendam saja menggunakan cairan pelepas kotoran yang ringan dan menggunakan air dingin. jangan di sikat dan di kucek terlalu keras. jika ada noda bersihkan menggunakan sikat yang lembut seperti sikat gigi. setelah itu rendam selama beberapa jam, angkat dan keringkan.
  2. Mengeringkan topi : jenis kain topi gampang sekali mengkerut jika terkena air, untuk menghindari itu keringkan dengan cara di gantung atau lebih baik lagi menggunakan buddy caps. jika tidak ada kamu bisa menggunakan mangkok ataupun balon pada bagian bawah topi agar bentuk bulat pada tempurung topi tetap dalam keadaan aslinya setelah nanti kering. kamu jug abisa menggunakan kipas angin tapi jangan menggunakan panas buatan.
  3. Segera Bersihkan : sama halnya seperti noda pada pakaian, noda pada topi juga harus segera kamu bersihkan agar noda tersebut tidak keburu mengering di kain topi yang membuatnya sudah untuk di bersihkan.
  4. Tidak bisa di iron / setrika : karena bentuk topi yang bulat dengan bagian-bagian yang susah untuk di setrika. maka point no.3 sangat di sarankan!

Ada sebuah alat sederhana yang bisa kamu gunakan untuk mengeringkan dan
menjaga bentuk topi tetap ideal, yaitu buddy caps atau cap washer,
kamu bisa membelinya di sini :

cap washer buddy cap
[BELI SEKARANG]

– Jika tertera tulisan “dry clean only” (hanya dibersihkan dengan pencucian kimia) pada petunjuk perawatan label topi, lakukan langkah yang aman dan bawalah topi ke penatu. Biaya pencucian kimia yang dilakukan sekali-sekali jauh lebih murah daripada biaya penggantian topi baru yang rusak karena dicuci.

– Pisahkan topi berbahan linen yang kotor dengan cucian lain di dalam keranjang. Hal ini akan memastikan topi tersebut terpisah dari cucian biasa dan melindunginya agar tidak kusut.

– Sebagian orang mencuci topi bisbolnya di mesin pencuci piring. Namun cara ini tidak direkomendasikan oleh produsen mesin pencuci piring. Selain itu, panas yang tinggi dari mesin pencuci piring bisa menyebabkan bagian-bagian topi yang terbuat dari plastik menekuk dan kanvasnya menciut.

– Semprotkan bagian-bagian yang kotor dan noda dengan sabun cuci semprot terlebih dahulu sebelum dicuci.

Demikian lah beberapa Cara Penggunan dan Perawatan Topi Yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat ya.