Darurat ! Asap !

Tahukah kamu ?? Sebagian wilayah utara negeri yang kita cintai ini sedang berduka?? dampak dari keegoisan segelintir orang yang tidak bertanggung jawab yang merusak alam demi mencapai tujuan klise dan ego ego kepentingan semata. hal itu memberikan banyak sekali dampak kerusakan pada alam dan dampak buruk pada kelangsungan kehidupan masyarakat di sana.

Sumatra dan kalimantan yang menjadi korban keganasan ASAP ini. bahkan sudah menjalar ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. tidak memandang umur, status sosial dan lainnya, bahaya dari asap ini menjangkan jutaan manusia yang hidup di bawahnya. penderitaan mereka tidak hanya terganggunya aktifitas mereka sehari2 namun juga mengancam jiwa dan nyawa mereka, khususnya bayi, anak2 dan para manula, juga seluruh masyarakat itu sendiri pada umumnya. sudah banyak sekali kasus yang terjadi akibat asap ini yang mengancam kesehatan dan keselamatan serta kelangsungan hidup mereka.

141640320140318UKI10780x390

di pekanbaru jarak pandang hanya 200meter, Harian lokal Aceh, habadaily.com memberitakan bahwa Empat Kabupaten Kota di Aceh dilanda kabut asap kiriman dari tiga provinsi di Indonesia. Asap diperkirakan berasal dari Jambi, Pekan Baru dan Palembang. Daerah yang telah terkena dampak Lhokseumawe, Aceh Timur, Takengon dan Banda Aceh. Dari Sumbar, antaranews.com memberitakan kabut asap semakin pekat dimana sumber asap berasal dari  wilayah selatan Sumatera. Adapun di Medan, jppn.com memberitajan bahwa kabut asap sampai menggangu penerbangan di bandara Internasional Kuala Namu.

Berikut ini dampak akibat gangguan asap bagi kesehatan Mereka :

  1. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungkin juga infeksi.
  2. Kabut asap dapat memperburuk penyakit asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik, PPOK dan sebagainya.
  3. Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.
  4. Bagi mereka yang berusia lanjut (lansia) dan anak-anak maupun yang mempunyai penyakit kronik, dengan kondisi daya tahan tubuh yang rendah akan lebih rentan untuk mendapat gangguan kesehatan.
  5. Kemampuan dalam mengatasi infkesi paru dan saluran pernapasan menjadi berkurang, sehingga menyebabkan lebih mudah terjadi infeksi.
  6. Berbagai penyakit kronik juga dapat memburuk.
  7. Bahan polutan pada asap kebakaran hutan dapat menjadi sumber polutan  di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi.
  8. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) jadi lebih mudah terjadi, terutama karena ketidak seimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus penyebab penyakit (agent) serta buruknya lingkungan (environment).

Berangkat dari hal di atas Pipate.com mengajak kamu untuk peduli, peduli pada apa yang sedang terjadi pada negara tercinta kita ini dalam Sebuah Program yang kami usung untuk membantu sebisa mungkin, mungkin tidak banyak. namun setidaknya Yuk Bertindak!

sebuah gagasan dengan menyisihkan 10% dari setiap transaksi yang kamu lakukan melalui website www.pipate.com terhitung esok hari ( 23 Oktober 2015 ) untuk kemudian di donasikan melalui lembaga ACTIndonesia ( act.id )

Kabut asap

Mari Peduli,

Aga – Founder Pipate.com